INSPEKTORAT DAERAH
PROVINSI KEP. BABEL

INSPEKTORAT DAERAH
PROVINSI KEP. BABEL

Inspektorat Dorong Penguatan SPIP Terintegrasi di Lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Inspektorat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong penguatan dan maturasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2022, melalui kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Tim yang dipimpin oleh Mohammad Riyad.

Inspektur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanto menjelaskan, sosialisasi SPIP Terintegrasi tersebut bertujuan untuk menentukan tingkat maturitas (kematangan) penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. “Penyelenggaraan SPIP itu sendiri didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, dan juga Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 66 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Managemen Resiko di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Susanto pada kegiatan sosialisasi SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2022, secara daring menggunakan aplikasi Zoom, Selasa(26/04/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini dibuka oleh Inspektur dan diikuti oleh Pimpinan dari masing-masing Perangkat Daerah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan sosialisasi ini diadakan selama 10 hari yakni 14 -28 April 2022.

SPIP merupakan sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Penyelenggaraan SPIP dilandasi pada pemikiran bahwa sistem pengendalian intern merupakan sesuatu yang melekat sepanjang kegiatan, dipengaruhi oleh sumber daya manusia, serta memberikan keyakinan yang memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah dapat mencapai tujuannya secara efisien dan efektif, serta dapat melaporkan pengelolaan keuangan negara secara andal, mengamankan aset negara dan mendorong ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.   

“Untuk narasumber dalam kegiatan ini, kami bekerjasama dengan unsur BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan sosialisasi ini didasari atas adanya perubahan bentuk penilaian SPIP, dari SPIP yang dulunya hanya menilai tingkat maturitas, lalu diintegrasikan dengan aspek lainnya,” ucap Susanto.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diwakili Arinal menyebutkan, untuk SPIP Terintegrasi meliputi 4 (empat) macam penilaian, yaitu penilaian terhadap pelaksanaan Manajemen Risiko Indeks (MRI), penilaian Kapabilitas APIP (PK APIP), penilaian tingkat kematangan pelaksanaan SPIP itu sendiri (Maturitas SPIP), dan penilaian Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK).

“SPIP merupakan alat bagi pemerintah yang ditanamkan secara terintegrasi pada seluruh elemen struktur organisasi untuk menjamin tercapainya efektivitas dan efisiensi. Melalui prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas manajemen risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan,” ujarnya

Silahkan download file presentasi SPIP Terintegrasi

BERITA TERBARU

SIMENTARI

SIMENTARI Sistem Informasi Manajemen Risiko Terintegrasi

PELAPORAN
GRATIFIKASI

WBS ONLINE

WHISTLE BLOWING SYSTEM untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN

BENTURAN
KEPENTINGAN

HELO PERI

Layanan konsultasi penilaian risiko di lingkungan Provinsi KEP. BABEL

PELANGGARAN
KODE ETIK

E-ARSIP

Layanan ARSIP INTERNAL di lingkungan Inspektorat Provinsi KEP. BABEL

e_KONSULTASI

LAYANAN DAN PRODUK

SIMENTARI

WBS

HELO PERI

e-ARSIP

GRATIFIKASI

BENTURAN KEPENTINGAN

KODE ETIK

KONSULTASI

LAPOR

BERITA

KONSUL

ABOUT