INSPEKTORAT DAERAH
PROVINSI KEP. BABEL

INSPEKTORAT DAERAH
PROVINSI KEP. BABEL

Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email

 

 

PANGKALPINANG – Guna mengawal program strategis pembangunan daerah di Bangka Belitung,Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bangun sinergi dan kolaborasi antara Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), baik Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat, maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Aparat Penegak Hukum (APH). Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2021 pada Selasa (6/4/2021), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel.

“Kolaborasi pihak-pihak tersebut akan membangun perspektif yang lebih komprehensif dalam pengawalan akuntabilitas, efektivitas kegiatan, serta ketaatan pada peraturan perundang-undangan,” terang Gubernur Erzaldi saat memberikan sambutannya.

Orang nomor satu di Babel ini mengatakan Pemprov. Babel sebelumnya telah meminta pendampingan pada program pengembangan perkebunan, khusus pengembangan lada sejak tahun 2018. Dan sektor pariwisata, telah dilakukan pendampingan sejak tahun 2019. Dalam hal ini, BPKP telah melakukan pemeriksaan  secara khusus. 

Sementara itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah menjelaskan kolaborasi diawali dengan perancangan tahapan pengawasan, mulai dari analisis isu strategis dan identifikasi risiko pembangunan nasional maupun daerah, penentuan rencana pengawasan tematik, desain pengawasan dan rencana aksi pengawasan, serta implementasi rencana pengawasan untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan tata kelola yang baik.

“Kolaborasi BPKP dan APIP Daerah dalam mengawal pembangunan pariwisata dan peningkatan ruang fiskal daerah merupakan strategi kunci, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi panel yang menghadirkan narasumber dari KPK RI, Kepala Perwakilan BPKP Babel, Inspektur IV Itjen Kementerian Dalam Negeri, dan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan Inspektur Babel sebagai moderator. Dilanjutkan dengan pengukuhan Dewan Pengurus Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Wilayah Babel serta penandatanganan komitmen bersama terkait rencana aksi pengawasan di wilayah Babel.  Turut hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Babel beserta anggota, Bupati/Walikota se-Babel, dan Sekda se-Babel.

BERITA TERBARU

SIMENTARI

SIMENTARI Sistem Informasi Manajemen Risiko Terintegrasi

PELAPORAN
GRATIFIKASI

WBS ONLINE

WHISTLE BLOWING SYSTEM untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN

BENTURAN
KEPENTINGAN

HELO PERI

Layanan konsultasi penilaian risiko di lingkungan Provinsi KEP. BABEL

PELANGGARAN
KODE ETIK

E-ARSIP

Layanan ARSIP INTERNAL di lingkungan Inspektorat Provinsi KEP. BABEL

e_KONSULTASI

LAYANAN DAN PRODUK

SIMENTARI

WBS

HELO PERI

e-ARSIP

GRATIFIKASI

BENTURAN KEPENTINGAN

KODE ETIK

KONSULTASI

LAPOR

BERITA

KONSUL

ABOUT